Minggu, 26 Juni 2011

RPH 3-4,4-5,5-6 th


RENCANA PEMBELAJARAN HARIAN
                                                        Usia                    : 3-4, 4-5, 5-6 tahun
Pekan                 : I Sentra Persiapan
Tanggal             : Agustus 2010
Tema                  : Nikmatnya Puasa
Sub Tema         : Manfaat Puasa
 
09.30 s/d 09.45
Kegiatan
Berbaris masuk keruangan
Pembukaan : salam, berdoa
Alfazone : tepuk-tepuk, menyanyi lagu puasa
09.45 s/d 10.20
Kegiatan inti
Ceita  : membahas tema dan membuat kosa kata diawali dengan membaca buku cerita puasa

Kosakata
Sahur, buka tarawih kembang api

Konsep
Banyak, sedikit

lagu
Ramadhan, puasa

Bentuk
Lingkaran

Bilanagn


Warna
Hijau biru

Kegiatan
-       Pijakan lingkungan
-       setting
Masjid, warung, took, jalan raya
-       Skenario
Malam ini  Adi dan Salma mau tarawih ke masjid bersama ayah dan ibu, kebetulan masjidnya agak jauh dari rumah, jadi kita naik mobil melewati jalan raya yang ramai, dipinggir jalan ada yang jual es, nasi, mainan. Sebelum maghrib kita mampir untuk berbuka dulu, habis itu baru ke masjid
-        Peran
Ayah, ibu, anak, (Adi dan Salma), penjual es dan nasi, penjual mainan, imam, makmum

Bahan dan alat
-       Peralatan sholat
-       Mobil-mobilan
-       Gelas
-       Piring

Sebelum main
-       Mengabsen anak-anak
-       Membacakan buku cerita tentang puasa
-       Menjelaskan setting tempat main yang sudah di scenario dan cara memainkannya
-       Bersamaa anak-anak membuat aturan main

Selama main
-       Mengamati setiap anak selama bermain peran
-       Menjelaskan kepada anak yang belum memahami aturan main
-       Mencatat kegiatan main anak dalam format pengamatan dengan menunjuk pada indicator dalam perencanaan kegiatan main yang sudah disusun

Setelah main
-       Memberitahukan sisa waktu untuk bermain sebelum beres-beres
-       Mengajak anak untuk beres-beres dengan klasifikasi
-       Menanyakan perasaan anak selama bermain
-       Mengajak anak untuk melakukan peregangan dengan menyanyi/ gerakan sederhana
-       Menutup kegiatan dengan sederhana
10.20 s/d 10.30
Berdoa pulang
-       Semua anak


RENCANA PEMBELAJARAN HARIAN
                                                        Usia                    : 3-4, 4-5, 5-6 tahun
Pekan                 : I Sentra Persiapan
Tanggal             : Agustus 2010
Tema                  : Nikmatnya Puasa
Sub Tema         : Manfaat Puasa
09.30 s/d 09.45
Kegiatan
Berbaris masuk keruangan
Pembukaan : salam, berdoa
Alfazone : tepuk-tepuk, menyanyi lagu puasa
09.45 s/d 10.20
Kegiatan inti
Ceita  : membahas tema dan membuat kosa kata diawali dengan membaca buku cerita puasa

Kosakata
Sahur, buka tarawih kembang api

Konsep
Banyak, sedikit

lagu
Ramadhan, puasa

Bentuk
Lingkaran

Bilanagn


Warna
Hijau biru

Kegiatan
-       Pijakan lingkungan
-       setting
Masjid, warung, took, jalan raya
-       Skenario
Malam ini  Adi dan Salma mau tarawih ke masjid bersama ayah dan ibu, kebetulan masjidnya agak jauh dari rumah, jadi kita naik mobil melewati jalan raya yang ramai, dipinggir jalan ada yang jual es, nasi, mainan. Sebelum maghrib kita mampir untuk berbuka dulu, habis itu baru ke masjid
-        Peran
Ayah, ibu, anak, (Adi dan Salma), penjual es dan nasi, penjual mainan, imam, makmum

Bahan dan alat
-       Peralatan sholat
-       Mobil-mobilan
-       Gelas
-       Piring

Sebelum main
-       Mengabsen anak-anak
-       Membacakan buku cerita tentang puasa
-       Menjelaskan setting tempat main yang sudah di scenario dan cara memainkannya
-       Bersamaa anak-anak membuat aturan main

Selama main
-       Mengamati setiap anak selama bermain peran
-       Menjelaskan kepada anak yang belum memahami aturan main
-       Mencatat kegiatan main anak dalam format pengamatan dengan menunjuk pada indicator dalam perencanaan kegiatan main yang sudah disusun

Setelah main
-       Memberitahukan sisa waktu untuk bermain sebelum beres-beres
-       Mengajak anak untuk beres-beres dengan klasifikasi
-       Menanyakan perasaan anak selama bermain
-       Mengajak anak untuk melakukan peregangan dengan menyanyi/ gerakan sederhana
-       Menutup kegiatan dengan sederhana
10.20 s/d 10.30
Berdoa pulang
-       Semua anak


RENCANA PEMBELAJARAN HARIAN
                                                        Usia                    : 3-4, 4-5, 5-6 tahun
Pekan                 : II Sentra Persiapan
Tanggal             : Agustus 2010
Tema                  : Nikmatnya Puasa
Sub Tema         : Amalan Puasa
09.30 s/d 09.45
Kegiatan
Berbaris masuk keruangan
Pembukaan : salam, berdoa
Alfazone : menyanyi rukun islam
09.45 s/d 10.20
Kegiatan inti
Ceita  : menceritakan tentang berbagai amalan di bulan puasa di awali dengan membaca cerita

Kosakata
Shodaqoh ,berbagi , tarawih.

Konsep
Banyak sedikit

lagu
Lingkaran

Bentuk
Hijau, biru

Bilanagn


Warna


Kegiatan
-       Pijakan lingkungan
-       setting
Masjid, warung, took, jalan raya
-       Skenario
Hari ini ibu sedang membuat kolak untuk berbuka puasa , di bantu dengan dua anaknya yang bernama salsa dan salma , ibu meminta tolong untuk menyiapkan tempat / untuk di isi kolak yang akan di bagikan kepada tetangganya .salsa dan salma segera membawa kolak untuk di bagikan ke rumah rumah tetangga yang terletak di sebelah kanan dan kiri rumahnya , sehabis buka mereka pergi ke masjid untuk sholat tarawih.
-        Peran
Ibu , anak ( salsa + salma ) tetangga ( bu dina+ pak amir ) imam , makmum 

Bahan dan alat
-       Mangkok
-       Panci
-       Alat masak lainya
-       Peralatan untuk sholat

Sebelum main
-       Menanyakan keadaan anak anak
-       Menayakan siapa yang tidak hadir
-       Membacakan buku cerita tentang amalan di bulan puasa
-       Setting tempat main dan cara memainkanya
-       Bersama anak anak membuat aturan main 

Selama main
-       Mencatat dan mengobservasi perilaku bermain anak
-       Memperluas bahasa anak dengan menanyakan beberapa hal tentang kegiatan main yang sedang di lakukan
-       Memberi motivasi / dorongan, terutama pada anak yang cenderung pasif

Setelah main
-       Memberitahukan sisa waktu untuk bermain sebelum beres-beres
-       Mengajak anak untuk beres-beres dengan klasifikasi
-       Mengulas kegiatan main
-       Berbagi cerita
10.20 s/d 10.30
Berdoa pulang
-       Istirahat dan makan
-       Penutup
-       Do’a
-       salam




RENCANA PEMBELAJARAN HARIAN
                                                        Usia                    : 3-4, 4-5, 5-6 tahun
Pekan                 : III
Tanggal             : Agustus 2010
Tema                  : Nikmatnya Puasa
Sub Tema         : Keutamaan puasa
09.30 s/d 09.45
Kegiatan
Berbaris masuk keruangan
Pembukaan : salam, berdoa
Alfazone : tepuk puasa
09.45 s/d 10.20
Kegiatan inti
Ceita  : membahas tentang keutamaan puasa

Kosakata
Sholat, tarawih, zakat, sabar, sehat pahala

Konsep
Banyak sedikit

lagu


Bentuk
Lingkaran, segitiga

Bilanagn


Warna
Hijau

Kegiatan
-       Pijakan lingkungan
-       setting
took buku, warung, sepeda
-       Skenario
Waktu pergi ketoko buku Ahmad dan Hasan bertemu dengan temanya Ali yang sedang membeli es diwarung. Ahmad menyapanya dan bertanya : “kenapa kamu tidak puasa? Puasa kan wajib! Menahan makan, minum sebelum waktunya tiba. Puasa itu melatih kita untuk sabar” Ali berkata : kalau begitu aku besok aku mau puasa. Mereka bertiga kemudian pulang bareng naik sepeda
-        Peran
Ahmad, Hasan, Ali, penjual es, pembeli es 

Bahan dan alat
-       Buku bacaan
-       Gelas/ plastik es,
-       Sepeda-sepedanan

Sebelum main
-       Mengabsen anak-anak dan menanyakan keadaan
-       Menjelaskan tentang keutamaan puasa diantaranya, menahan makan, minum, sabar, akan mendapat pahala
-       Menjelaskan setting tempat main dan cara memainkanya
-       Mengajak anak anak membuat aturan main 

Selama main
-       Mengamati setiap main anak
-       Memberi gagasan bila ada anak yang belum memahami untuk menerangkan tokoh

Setelah main
-       Memberitahukan sisa waktu untuk bermain sebelum beres-beres
-       Mengajak anak untuk beres-beres dengan klasifikasi
-       Mengulas kegiatan main
-       Berbagi cerita
10.20 s/d 10.30
Berdoa pulang
-       Istirahat dan makan
-       Penutup
-       Do’a
-       Salam


RENCANA PEMBELAJARAN HARIAN
                                                        Usia                    : 3-4, 4-5, 5-6 tahun
Pekan                 : I
Tanggal             : September 2010
Tema                  : Indahnya saling memaafkan
Sub Tema         : keluarga
09.30 s/d 09.45
Kegiatan
Berbaris masuk keruangan
Pembukaan : salam, berdoa
Alfazone : tepuk-tepuk+menyanyi
09.45 s/d 10.20
Kegiatan inti
Ceita  : membahas tema dan membahas kosakata, diawali dengan membaca buku cerita

Kosakata
Keluarga, paman, bibi, ibu, ayah, adik, kakak

Konsep
Banyak sedikit

lagu


Bentuk
Segi empat

Bilanagn


Warna
Hijau, kuning

Kegiatan
-       Pijakan lingkungan
-       setting
rumah, took, buah, jalan raya
-       Skenario
Pada hari raya, kita akan pergi kerumah paman untuk bersilaturrahmi. Sebelum berangkat kerumah paman, kita memita izin kepada orang tua terlebih dahulu. Setelah itu kita mampir ketoko buah membelikan oleh-oleh untuk paman dan kita berangkat kerumah paman dengan mobil
-        Peran
Kakak, adik, ayah, ibu, paman, bibi, penjual buah, sopir
-       Tujuan pembelajaran : anak dapat mengenal diri dan keluarga melalui proses silaturrahmi

Bahan dan alat
-       Buah-buahan dari plastik
-        Meja
-       Kursigelas
-       Mobil-mobilan
-       keranjang

Sebelum main
-       melakukan pemanasan dengan gerak membuat kereta berderet, melempar bola dll.
-       Berdoa
-       Menanyakan keadaan anak-anak
-       Mengabsen anak dll.
-       Menunjukkan bahan dan alat yang akan digunakan untuk bermain
-       Membuat aturan main bersama anak

Selama main
-       Mengamati setiap anak yang sedang bermain
-       Memberi pijakan pada setiap anak dengan mengemukakan pertanyaan terbuka
-       Mendukung anak untuk menceritakan hasil kerjanya
-       Mencatat kegiatan main anak dalam format pengamatan dengan merujuk pada indikator

Setelah main
-       Memberitahukan sisa waktu untuk bermain sebelum beres-beres
-       Mengajak anak untuk beres-beres dengan klasifikasi alat sesuai bentuk, ukuran dan penggunaannya
-       Menanyakan siapa yang masih ingat dengan tema dan aturan main hari ini
-       Memberitahukan kegiatan besok kepada anak
10.20 s/d 10.30
Berdoa pulang
-       Istirahat dan makan
-       Penutup
-       Do’a
-       Salam


RENCANA PEMBELAJARAN HARIAN
                                                        Usia                    : 3-4, 4-5, 5-6 tahun
Pekan                 : II
Tanggal             : September 2010
Tema                  : Indahnya saling memaafkan
Sub Tema         : Temanku
09.30 s/d 09.45
Kegiatan
Berbaris masuk keruangan dengan membentuk deretan seperti kereta
Pembukaan : salam, berdoa
Alfazone : tepuk-tepuk+menyanyi
09.45 s/d 10.20
Kegiatan inti
Ceita  :

Kosakata
Nama, alamat, rumah

Konsep
Banyak sedikit

lagu


Bentuk
Segi empat

Bilanagn


Warna
Hijau, kuning

Kegiatan
-       Pijakan lingkungan
-       setting
stasiun, rumah, kereta
-       Skenario
Hari ini kita mau mudik kerumah nenek, sebelum berangkat kita berdoa terlebih dahulu kemudian berangkat menuju kereta api. Kita sudah sampai distasiun, disana banyak penjual roti dan minuman. Kemudian kita naik kereta. Didalam kereta kita bertemu dengan teman baru dan kita ngobrol sama-sama
-       Peran
Kakak, adik, nenek, masinis, pemnjual makanan, penjual minuman

Bahan dan alat
-       Makanan buatan
-       Minuman buatan
-       Meja
-       Kursi
-       Kereta mainan

Sebelum main
-       Ustadzah dan anak-anak duduk melingkar
-       Ustadzah mengabsen anak-anak dan menanyakan siapa yang tidak hadir pada hari itu
-       Berdoa bersama-sama sebelum memulai kegiatan
-       Ustadzah menyampaikan tema hari ini
-       Mengenalkan semua tempat dan alat main yang akan dilakukan anak
-       Bersama anak-anak membuat aturan main

Selama main
-       Berkeliling diantara anak-anak yang sedang bermain dan mengamati perkembanganya
-       Member contoh main pada anak yang belum bisa menggunakan bahan/alat
-       Memberikan dukungan berupa pernyataan positif tentang pekerjaan yang sedang dilakukan oleh anak
-       Mencatat yang dilakukan oleh anak (jenis main, tahap perkembangan, tahap social)
-       Mengumpulkan hasil kerja anak, mencatat nama dan tanggal dilembar kerja anak
-       Bila waktu tinggal 5 menit, ustadzah memberitahukan keepada anak-anak untuk bersiap-siap menyelesaikan kegiatan

Setelah main
-       Memberitahukan sisa waktu untuk bermain dan mengajak anak-anak untuk beres-beres alat dan bahan yang sudah di gunakan
-       Bila semua sudah tertata rapi, anak-anak diminta untuk duduk melingkar bersama ustadzah
-       Setelah semua duduk dalam lingkaran, ustadzah menanyakan pada setiap anak bagaimana perasaan anak saat bermain
10.20 s/d 10.30
Berdoa pulang
-       Istirahat dan makan
-       Penutup
-       Do’a
-       Salam


RENCANA PEMBELAJARAN HARIAN
                                                        Usia                    : 3-4, 4-5, 5-6 tahun
Pekan                 : III
Tanggal             : September 2010
Tema                  : Indahnya saling memaafkan
Sub Tema         : Tetanggaku
09.30 s/d 09.45
Kegiatan
Berbaris masuk keruangan dengan membentuk deretan seperti kereta
Pembukaan : salam, berdoa
Alfazone : tepuk-tepuk+menyanyi (tepuk rumah)
09.45 s/d 10.20
Kegiatan inti
Ceita  : membahas tema dan membuat kossakata, diawali dengan membaca buku cerita

Kosakata
Angga, teman, Lebaran, ketupaat, sholat ied, tetangga

Konsep
Banyak sedikit

lagu
Saying semuanya

Bentuk
Segi empat

Bilanagn


Warna
Hijau, kuning

Kegiatan
-       Pijakan lingkungan
-       setting
masjid, jalan raya
-       Skenario
Hari ini kita akan melaksanakan sholat ied di masjid. Diperjalanan kita bertemu dengan tetangga lalu bersama-sama kita berangkat ke masjid. Dimasjid kita sholat ied berjamaah
-       Peran
Kakak, adik, ayah, ibu, imam, makmum, tetangga

Bahan dan alat
-       Sajadah, mukena

Sebelum main
-       Menyiapkan seluruh anak dalam bentuk barisan kemudian berjalan rapi dalam barisan menuju ruangan
-       Mengabsen anak-anak satu-persatu
-       Doa bersama
-       Menyebutkan tema dan kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu
-       Member kesempatan kepada anak untuk memilih teman bermain mainan dan alat/bahan

Selama main
-       Mengamati setiap kegiatan yang dilakukan oleh anak saat bermain
-       Memberikan bantuan pada setaip anak yang membutuhkan
-       Mencatat semua hasil kerja yang telah dilakuan oleh anak
-       Mengumpulkan hasil kerja anak

Setelah main
-       Mengingatkan pada anak waktu bermain sudah habis
-       Anak-anak diajak untuk membersihkan alat dan bahan yang sudah digunakan untuk bermain
-       Menanyakan pada setiap anak tentang pengalaman bermain yang telah dilakukan
10.20 s/d 10.30
Berdoa pulang
-       Istirahat dan makan
-       Penutup
-       Do’a
-       Salam


RENCANA PEMBELAJARAN HARIAN
                                                        Usia                    : 3-4, 4-5, 5-6 tahun
Pekan                 : I
Tanggal             : Oktober 2010
Tema                  : Pemuda Harapan Bangsa
Sub Tema         : Negara
09.30 s/d 09.45
Kegiatan
Berbaris masuk keruangan dengan membentuk deretan seperti kereta
Pembukaan : salam, berdoa
Alfazone :menyanyi Indonesia Raya
09.45 s/d 10.20
Kegiatan inti
Ceita  : menjelaskan/ menceritakan tentang Negara kita

Kosakata
Indonesia, garuda, bendera, presiden

Konsep
Besar kecil

lagu
Indonesia Raya

Bentuk
Segi empat, segi panjang

Bilanagn


Warna
Merah, putih

Kegiatan
-       Pijakan lingkungan
-       setting
gedung/ istana, sekolahan, mobil, meja, kursi
-       Skenario
Negara kita dipimpin oleh presiden dan wakil presiden dibantu dengan mentri-mentrinya mereka kerja digedung istana. Hari ini Bapak Presiden akan mengunjungi pameran buku yang diadakan disekolah. Bapak Presiden pergi kesana menggunakan mobil dikawal oleh Polisi
-       Peran
Presiden, wakil Presiden , menteri, guru, murid, polisi, sopir

Bahan dan alat
-       Gambar Presiden dan wakilnya
-       Buku bacaan

Sebelum main
-       Menanyakan keadaan anak dan mengabsen terlebih dahulu
-       Membacakan buku tentang Negara Indonesia
-       Mengingatkan start dan finish

Selama main
-       Mengamati setiap kegiatan yang dilakukan oleh anak saat bermain
-       Menjelaskan kepada anak yang belum memahami aturan main
-       Mencatat kegiatan anak selama melakukan permainan

Setelah main
-       Memberitahukan sisa waktu bermain sebelum beres-beres
-       Mengajak anak untuk beres-beres dan mengembalikan mainan pada tempat semula
-       Menanyakan perasaan anak selama bermain
10.20 s/d 10.30
Berdoa pulang
-       Istirahat dan makan
-       Penutup
-       Do’a
-       Salam


RENCANA PEMBELAJARAN HARIAN
                                                        Usia                    : 3-4, 4-5, 5-6 tahun
Pekan                 : II
Tanggal             : Oktober 2010
Tema                  : Pemuda Harapan Bangsa
Sub Tema         : Kepulauan
09.30 s/d 09.45
Kegiatan
Berbaris masuk keruangan dengan membentuk deretan seperti kereta
Pembukaan : salam, berdoa
Alfazone : menyanyi dari sabang sampai meraoke
09.45 s/d 10.20
Kegiatan inti
Ceita  : menceritakan Negara kita terdiri dari pulau-pulau dan kota atau daerah

Kosakata
Propinsi, daerah, kota, desa, kabupaten

Konsep
Besar kecil

lagu
Dari sabang sampai meraoke

Bentuk
Segi empat, segi panjang

Bilanagn


Warna
Merah, putih

Kegiatan
-       Pijakan lingkungan
-       setting
kota pati, kota semarang, terminal bus, rumah
-       Skenario
Ada sebuah keluarga terdiri dari ayah, ibu dan dua anak, mereka mau berkunjung ketempat paman dan bibi yang ada di kota Semarang. Mereka kesana naik bus jurusan pati semarang. Untuk bekal perjalanan anaknya membawa makanan dan minuman. Tiba dikota semarang mereka langsung istirahat dirumah paman dan bibi
-       Peran
Ayah, ibu, anak, paman, bibi, sopir

Bahan dan alat
-       Gambar, tempat minum, tempat makan, bus/ kendaraan mainan

Sebelum main
-       Menanyakan keadaan anak dan mengabsen terlebih dahulu,
-       Mengatur tempat main dan membuat aturan mainnya bersama anak
-       Mengingatkan start dan finish
-       Menerapkan transisi sebelum main (dengan menyebutkan cirri anak, sikap)

Selama main
-       Mengamati setiap kegiatan yang dilakukan oleh anak saat bermain
-       Member pijakan pada setiap anak dengan menggunakan pertanyaan terbuka
-       Mencatat kegiatan anak selama bermain dan pengamatan

Setelah main
-       Memberitahukan sisa waktu bermain sebelum beres-beres
-       Mengajak anak untuk beres-beres dan mengembalikan mainan pada tempat semula
-       Mengajak anak kelingkaran kecil
-       Menanyakan perasaan anak selama bermain
10.20 s/d 10.30
Berdoa pulang
-       Istirahat dan makan
-       Penutup
-       Do’a
-       Salam



RENCANA PEMBELAJARAN HARIAN
                                                        Usia                    : 3-4, 4-5, 5-6 tahun
Pekan                 : III
Tanggal             : Oktober 2010
Tema                  : Pemuda Harapan Bangsa
Sub Tema         : Identitas Pemuda Yang Tangguh
09.30 s/d 09.45
Kegiatan
Berbaris masuk keruangan
Pembukaan : salam, berdoa
Alfazone :menyanyi bangun pemuda pemudi
09.45 s/d 10.20
Kegiatan inti
Ceita  : menceritakan tentang identitas pemuda hyang tangguh

Kosakata
Pemuda, pemudi, nama, alamat, profesi, pintar

Konsep
Besar kecil

lagu
Indonesia Raya

Bentuk
Segi empat, segi panjang

Bilanagn


Warna
Merah, putih

Kegiatan
-       Pijakan lingkungan
-       setting
rumah sakit, sekolahan, kantor polisi, kendaraan/bus
-       Skenario
Disetiap daerah/ kota terdapat beberapa orang dengan berbagai jenis pekerjaan. Ada yang menjadi dokter, guru, sopir, polisi,. Mereka kerjanya pun di tempat yang berbeda, ada yang dirumah sakit, disekolah, dijalan, dan ada yang dikantor.
-       Peran
Dokter, guru, polisi, sopir

Bahan dan alat
-       Gambar Presiden dan wakilnya
-       Buku bacaan

Sebelum main
-       Menanyakan keadaan anak dan mengabsen terlebih dahulu
-       Menjelaskan setting, aturan main dan cara memainkannya
-       Mengingatkan start dan finish
-       Menerapkan transisi sebelum main dengan menyebutkan ciri anak, sikap/ teka-teki

Selama main
-       Mengamati setiap kegiatan yang dilakukan oleh anak saat bermain
-       Memberi pijakan pada setiap anak dengan memberikan pertanyaan terbuka
-       Mencatat kegiatan anak selama melakukan permainan

Setelah main
-       Memberitahukan sisa waktu bermain sebelum beres-beres
-       Mengajak anak untuk beres-beres dan klasifikasi alat sesuai dengan bentuk dan penggunaannya
-       Menanyakan perasaan anak selama bermain
-       berbagi cerita
10.20 s/d 10.30
Berdoa pulang
-       Istirahat dan makan
-       Penutup
-       Do’a
-       Salam



RENCANA PEMBELAJARAN HARIAN
                                                        Usia                    : 3-4, 4-5, 5-6 tahun
Pekan                 : I
Tanggal             : November 2010
Tema                  : Kambing Hewan Kurbanku
Sub Tema         : Jenis-jenis hewan
09.30 s/d 09.45
Kegiatan
Berbaris masuk keruangan dengan membentuk deretan seperti kereta
Pembukaan : salam, berdoa
Alfazone : tepuk-tepuk dan menyanyi (tepuk kucing)
09.45 s/d 10.20
Kegiatan inti
Ceita  : membahas tema dan membut kosakata, diawali dengan membaca buku cerita “macam-macam hewan”

Kosakata
Kambing, sapi, unta

Konsep
Gemuk kurus

lagu
Mengenal nama hewan

Bentuk
Lingkaran

Bilanagn


Warna
Hitam, putih

Kegiatan
-       Pijakan lingkungan
-       setting
mobil, kebun binatang, kios sayur dan buah
-       Skenario
Hari ini kita akan pergi ke kebun binatang dengan menggunakan mobil wisat. Didalam mobil wisata ada seorang pemandu wisata yang akan menjelaskan berbagai jenis binatang yang hidup dan tumbuh dilokasi kebun binatang. Disepanjang jalan ada penjual sayuran untuk member makan binatang-binatang. Kita pun membelinya dan segera menuju kandang untuk member makan gajah, jerapah dll.
-       Peran
Anak-anak (penumpang), sopir, pemandu wisata, penjual sayuran

Bahan dan alat
-       Mobil-mobilan, mikrofon mainan, kursi, sayur-syuran dari plastik, keranjang buah

Sebelum main
-       Ustadzah dan anak-anak membentuk lingkaran
-       Ustadzah menanyakan bagaimana kabar hari ini
-       Mengabsen dan meminta pada anak-anak untuk memperhatikan siapa saja yang tidak masuk kelas pada hari itu
-       Berdoa bersama
-       Membacakan buku cerita yang berkaitan dengan tema

Selama main
-       Member contoh pada anak yang belum paham menggunakan bahan/alat
-       Memberkan kesempatan kepada anak untuk memilih peran dan teman mainnya
-       Mengamati setiap anak bermain
-       Mencatat setiap hasil kerja yang dilakukan anak

Setelah main
-       Memberitahukan sisa waktu bermain sebelum beres-beres
-       Mengajak anak untuk beres-beres dan mengembalikan mainan pada tempat semula
-       Mengajak anak untuk duduk membentuk lingkaran
-       Menanyakan perasaan anak selama bermain
-       Recalling : memancing anak untuk mengingat kembali tentang proses bermain yang sudah dilakukan melalui pertanyaan terbuka
10.20 s/d 10.30
Berdoa pulang
-       Istirahat dan makan
-       Penutup
-       Do’a
-       Salam


RENCANA PEMBELAJARAN HARIAN
                                                        Usia                    : 3-4, 4-5, 5-6 tahun
Pekan                 : II
Tanggal             : November 2010
Tema                  : Kambing Hewan Kurbanku
Sub Tema         : Hewan Kurban
09.30 s/d 09.45
Kegiatan
Berbaris masuk keruangan dengan membentuk deretan seperti kereta
Pembukaan : salam, berdoa
Alfazone : tepuk-tepuk (tepuk sapi)
09.45 s/d 10.20
Kegiatan inti
Ceita  : membahas tema dan membut kosakata, diawali dengan membaca buku cerita “Nabi Ismail”

Kosakata
Kambing, sapi, unta, kerbau

Konsep
Gemuk kurus

lagu
Dombaku

Bentuk
Lingkaran

Bilanagn


Warna
Hitam, putih

Kegiatan
-       Pijakan lingkungan
-       setting
masjid, tempat penyembelihan
-       Skenario
Hari ini kita akan melaksanakan sholat idul adha di masjid berjamaah. Setelah sholat ied ada pemyembelihan hewan kurban. Setelah di sembelih daging hewan kurban dibagi-bagikan kepada penduduk
-       Peran
Imam, makmum, penyembelih hewan kurban, anak yang membantu membagikan daging hewan kurban

Bahan dan alat
-       Daging mainan, sjadah, mukena, pisau mainan, kambing mainan, sapi mainan

Sebelum main
-       Mengajak anak-anak untuk berbaris yang rapi lalu duduk untuk memulai kegiatan bermain
-       Menanyakan kabar hari ini dan mengabsen anak satu persatu
-       Berdoa bersama sebelum melakukan kegiatan
-       Menjelaskan tema hari ini
-       Mengajak anak-anak untuk membuat aturan main
-       Menjelaskan cara menggunakan alat dan bahan yang diguunakan untuk bermain

Selama main
-       Berkeliling diantara anak-anak yang sedang bermain
-       Member contoh cara main pada anak yang belum bias menggunakan alat/ bahan
-       Member dukungan berupa pernyataan positif tentang pekerjaan yang dilakukan anak
-       Mencatat kegiatan yang dilakukan anak
-       Mengumpulkan hasil kerja anak

Setelah main
-       Mengingatkan anak bahwa waktu bermain sudah habis
-       Mengajak anak untuk membereskan alat dan bahan yang digunakan untuk bermain
-       Bila anak sudah rapi, mereka diajak untuk duduk melingkar bersama ustadzah
-       Setelah semuanya duduk, ustadzah menanyakan pada setiap anak tentang kegiatan main yang telah dilakukan tadi
-       Recalling
10.20 s/d 10.30
Berdoa pulang
-       Istirahat dan makan
-       Penutup
-       Do’a
-       Salam

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes